Obat Yang Aman Untuk Mengatasi Diare Ibu Hamil

By | Agustus 10, 2019

4sehat.com – Ibu hamil sangat rentan terhadap serangan penyakit pencernaan terutama diare, diare pada saat ibu hamil itu sebenarnya hal yang wajar. Walaupun seperti itu, untuk penangannya harus tetap di lakukan dengan cepat dan hati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Diare pada saat hamil umumnya di sebabkan oleh perubahan hormon, dan perubahan pola makan.

Jenis obat diare yang aman untuk ibu hamil

Mungkin ibu hamil lebih menjadi sensitif tehadap makanan tertentu sehingga membuat perut jadi sakit dan diare. Jika diare di biarkan terus bisa dapat menyebabkan masalah pada kesehatan ibu dan janinnya. Untuk obat diare ibu hamil bisa di dapatkan melalui resep dokter.

Apakah saat hamil di perbolehkan mengkonsumsi obat-obatan diare? jika boleh apa saja jenis obat yang aman untuk mengatasi diare ibu hamil?. Nah disini 4sehat.com mejelaskan jenis obat diare yang aman untuk ibu hamil serta penyebab dan perawatannya.

Jenis obat yang aman untuk mengatasi diare Ibu hamil

1.Obat anti diare

Dokter meresepkan obat diare ini untuk ibu hamil, karena saat ini belum ada penelitian yang menyatakan obat antidiare dapat membahayakan ibu hamil.

Jenis obat diare ini dapat di berikan pada ibu hamil berupa obat jenis kaolin dan pektin, kedua jenis obat ini hanya di berikan apabila diare yang di alami ibu hamil parah. Obat antidiare ini juga dapat di berikan untuk mencegah si ibu mengalami dehidarasi serius yang bisa mengakibatkan bahaya pada janin.

2. Infus di rumah sakit

Jika ibu hamil mengalamin diare sampai sangat parah dan menyebabkan dehidrasi, ibu hamil perlu di bawa ke rumah sakit untuk di lakukan infus.

Dehidrasi pada ibu hamil yang di sebabkan oleh diare bisa menyebabkan janin pada kandungan kekurangan asupan gizi serta darah beroksigen, dan ini bisa dapat mengakibatkan fatal bagi perkembangan si janin kedepannya. Dan ibu hamil perlu untuk di infus di rumah sakit untuk mendapatkan asupan cairan tambahan.

3. Anti Biotik

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahu apa penyebab dari diare yang di alami. Diare kemungkinan di sebabkan oleh infeksi bakteri, maka dari itu untuk kasus ini dokter akan memberikan resep obat diare antibiotik untuk ibu hamil. Dan hanya dokterlah yang dapat menentukan jenis antibiotik apa dan takaran dosisnya.

Baca juga : Makanan probiotik

Jenis obat diare untuk ibu hamil alami

Untuk penggunaan obat bagi ibu hamil harus di awasi secara ketat dan harus dalam pengawasan dokter. Untuk peimilihan obat diare ibu hamil harus di lakukan dengan sangat hati-hati. Pengobatan untuk ibu hamil bukan hanya seputar obat antidiare saja. Berikut ini adalah jenis obat diarae untuk ibu hamil alami.

1.Air Kelapa

Dehidrasi yang di alami karena diare ternyata dapat di cegah menggunakan air kelapa. Minuman yang berasal dari pohon kelapa ini merupakan minuman yang aman dan baik untuk ibu hamil. Air kelapa juga sebagai cairan elektrolit, air kelapa ini juga mengandung antioksidan.

Air kelapa ini juga bisa di percaya unutk menambah stamina dan melancarkan peredaran darah. Obat untuk diare yang satu ini boleh di konsumsi untuk pencegahan dehidrasi saja, dan bukan untuk di konsumsi secara jangka panjang. Mengkonsumsi air kelapa berlebihan untuk ibu hamil tidak di anjurkan. Sebelum mengkonsumsi air kelapa ini pastikan dulu dari buah kelapa segar dan masih dalam kondisi baik.

2. Oralit

Obat diare ibu hamil yang kedua adalah oralit. Cairan pada oralit ini di gunakan untuk mencegah dehidrasi saat diare pada ibu hamil. Bukan hanya untuk ibu hamil saja oralit ini juga bisa di konsumsi oleh semua orang, tetapi tetap dengan anjuran dokter.

Pada saat seseorang diare , dehidrasi ini bisa menjadi masalah yang akan terjadi selanjutnya. Maka dengan kondisi inilah diare tidak boleh untuk di sepelekan begitu saja.

3. Keju Cheddar

Keju ini memiliki kandungan enzim pencernaan yang dapat membantu memedatkan feses. Keju ini dapat mengatur pencernaan sehingga diare dapat teratasi.

Ibu hamil bisa mencoba keju cheddar ini sebagai obat diare pada ibu yang tidak memiliki intoleransi laktosa. Hindari juga konsumsi keju bebarengan dengan suplemen atawa obat karena keju ini dapat menganggu penyerapan obat.

4. Makanan yang rendah serat

Makanan yang rendah serat ini sebaiknya di konsumsi ibu hamil saat mengalami diare. Ini bertujuan agar makanan yang di proses lebih lama dalam pencernaan dan menurunkan produksi feses. Makanan yang rendah serat untuk di konsumsi adalah : apel, pisang, nasi, dan roti. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan kentang, selai kacang, dan ayam tanpa kulit.

Untuk minuman yang rekomendasikan adalah teh. Minuman dan makanan rendah serat yang di konsumsi harus di lakukan secara bertahap dan tidak boleh berlebihan.

Penyebab Diare Bagi Ibu hamil

Pnyebab diare untuk setiap orang dan khusus nya bagi ibu hamil ada bermacam-macam , mulai dari bakteri, virus, keracunan makanan, parasit, atau juga bisa penggunaan obat. Diara pada ibu hamil bisa di sebabkan oleh diare pada umumnya dan juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti:

1.Perubahan hormon

Penyebab diare pada ibu hamil adalah karena adanya perubahan hormon. Ibu hamil akan mengalami sembelit akibat perubahan hormon tersebut, dan juga ada beberapa juga yang mengalami diare.

2. Perubahan pola makan

Ini yang sering terjadi pada seorang ibu hamil. Perubahan pola makan biasanya akan berubah ketika memasuki masa kehamilan, karena ada beberpa makanan yang harus menjadi pantangan dan tidak di sarankan untuk di makan oleh ibu hamil. Dengan perubahan asuapan makanan yang dratis ini bisa mengakibtakan gangguan pencernaan sehingga timbullah diare pada ibu hamil.

3. Vitamin prental

Mengkonsumsi vitamin untuk tujuan agar memenuhi kenutuhan nutrisi ibu dan janin, dan mengkonsumsi vitamin prental memang baik bagi ibu hamil dan di butuhkan. Tetapi untuk efek samping yang akan di timbulkan seperti diare juga dapat muncul akibat dari mengkonsumsi suplemen ini.

Perawatan saat diare pada ibu hamil

Penyakit yang satu ini sebenarnya penyakit yang bisa sembuh sendiri. Dokter juga biasa nya akan menyarankan untuk ibu hamil beristiraht di rumah sebelum meresepkan obat.

Biasanya si untuk penyakit diare ini akan berlangsung selam 1-3 hari saja. Jikalau kondisi ibu hamil sudah membaik dalam waktu 2 hari berlangsung, maka anda tidak perlu untuk di berikan obat.

Untuk mempercepat penyembuhan diare ibu hamil dapat melakukan perawatan terlebih dahulu di rumah seperti :

1.Mengkonsumsi makanan probiotik atau suplemen

Baca juga : 5 makanan mengandung probiotik tinggi yang sehat

Makanan probiotik merupakan jenis bakteri yang baik untuk tubuh dan juga menyehatkan. Makanan ini berfungsi untuk membunuh baketri jahat penyebab diare yang berkembang berlebihan di saluran cerna. Probiotik ini juga sekaligus mengembalikan keseimbangan kadar bakteri yang hidup di perut.

Probiotik juga aman di konsumsi ibu hamil, makanan probiotik aman untuk mengobati diare ibu hamil. Probiotik juga tidak menimbulkan risiko maslah kesehatan pada tubuh sang ibu dan janin.

2. Hindari makanan pantangan saat diare

Saat diare akan menjadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu yang bisa menyebabkan diare berlangsung, walaupun sebelum anda hamil tidak pernah merasakan masalah perut jika sehabis makan-makanan tersebut.

Selama anda mengalami diare sebaik nya hindari dulu makanan yang serba pedas, asam, dan berlemak. Anda sebagai ibu hamil yang sedang diare juga harus menghindari konsumsi seperti :

minum bersoda dan bergula
daging merah
susu
buah kering
cokelat
Makanan-makanan di atas ini bisa memperparah kondisi anda, jika anda selagi masa mengalamin diare sebaiknya makan makanan yang di anjurkan oleh dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan makan seperti : nasi, pisang, apel dan roti tawar panggang, karena makanan tersebut merupakan makanan yang mudah di cerna oleh sistem pencernaan saat diare.

Itulah beberapa ulasan mengenai Jenis obat yang aman untuk mengatasi diare Ibu hamil serta penyebab dan perawatan bagi ibu hamil yang mengalami diare. Artikel ini di ambil dari berbagai sumber.

Baca juga : Buah penambah darah bagi ibu hamil